jump to navigation

29 Februari 2008 April 7, 2008

Posted by pemudagkkk in Uncategorized.
trackback

INTEGRITAS IMAN

By: Ev. Andi Setiawan Koo/ KTL

Setiap pagi, begitu membuka mata dan melangkah masuk ke kampus atau lingkungan sehari-hari, kita sudah berjumpa berbagai macam orang percaya. Ciri-khas orang percaya kini sudah pudar, keputusan yang diambil tidak berbeda dengan orang tidak percaya, bahkan sering kali bertentangan dengan Alkitab. Ketika mendapat teguran, mereka malah membela diri, alasannya urusan studi jangan selalu disamakan dengan masalah rohani.

Kita sering keliru, sebab orang-orang diluar sana justru tidak memisahkan kita dari status orang percaya. Oleh karena itu mereka mempercayai prinsip hidup orang Kristen. Jadi kalau kita tahu seseorang adalah orang Kristen maka kita akan lebih mudah percaya. Lalu permisi tanya, apakah benar kita tidak boleh curiga terhadap orang Kristen? Celakanya orang-orang Kristen kadang tidak dapat dipercaya! Mereka justru menipu. Hal inilah yang menyebabkan orang di luar sana berkesimpulan bahwa semua orang Kristen tidak dapat dipercaya. Siapa diantara kita sekarang, oleh karena perlakuan kita, orang luar menjadi tidak percaya kepada orang Kristen?

Integritas berasal dari bahasa Inggris “Integrity”, artinya menyeluruh, lengkap, atau segalanya. Ini adalah bentuk ketaatan secara keagamaan terhadap moral, nilai, dan kelakukan. Jadi integritas melebihi karakter seseorang, aksi yang dapat dipercaya dan komitmen yang bertanggungjawab.

Seperti apakah itu? Ulangan 32:4 Gunung Batu, yang pekerjaanNya sempurna, karena segala jalannya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil, dan benar Dia. Ayub 1: 1 Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh, dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Titus 1: 8 melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri, Titus 2: 12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini. Hidup seperti ini harus dimiliki orang-orang percaya kepada Kristus sebagai Juruselamatnya.

Integritas iman merupakan paket hidup yang standar bagi orang Kristen normal. Tanpa integrtits maka orang Kristen tidak lengkap, tidak berarti.

Integritas iman juga merupakan gambaran kehidupan orang Kristen yang hidupnya memiliki Yesus Kristus. Apa yang harus nampak dalam hidup orang Kristen yang memiliki integritas iman?

INTEGRITAS MENDISIPLINKAN KELAKUAN

Secara tidak langsung setiap hari kita selalu mengambil keputusan/pilihan, hari ini saja kita sudah banyak mengambil keputusan/pilihan. Bangun dari tempat tidur saja itu merupakan suatu keputusan, seseorang akan menjadi berintegritas tinggi kalau setiap hari memiliki kebiasaan bangun pagi, namun integritasnya akan dipertanyakan apabila setiap hari bangunnya kesiangan.

Apakah yang kita rasakan/pikirkan ketika apa yang kita putuskan sangat berbeda dengan kebanyakan orang?

Apa yang kita lakukan jikakalau selama ini kita masih hidup dalam kebiasaan yang kurang baik?

INTEGRITAS AKAN MENDISIPLIN KELAKUAN kita agar MENJADI LEBIH BAIK MENURUT KEBENARAN FIRMAN TUHAN.

LIHAT Yosua 24:15Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah’ allah yang kepadanya nenek moyanmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” ;

MENJADI SIAPA tergantung keputusan di dalam hidup kita…..

INTEGRITAS MENENTUKAN KELAKUAN

Kondisi kehidupan manusia berbeda-beda, demikian pula masalah yang dihadapi, namun ada kunci integritas yang tidak boleh berbeda. Pada waktu menghadapi persoalan dan kelakuan yang kita ekpresikan ke orang-orang, orang Kristen mestinya memiliki ekspresi yang sudah ditetapkan Alkitab.

DANIEL 3:1-15. Sadrakh, Mesakh, Abednego

Titus 1:12 ”Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini tetapi aku tidak malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan.”

INTEGRITAS MENDEMONTRASIKAN KELAKUAN

Integritas adalah gaya hidup karakter yang tinggal di dalam diri seseorang yang mengaku dan taat kepada Tuhan. Dalam 1Yohanes 2: 5-6 tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: