jump to navigation

16 Februari 2008 Maret 1, 2008

Posted by pemudagkkk in HUBUNGAN.
trackback

Sabtu ini, kita merayakan Valentine’s day bersama teman-teman dari dewasa muda.

Dan ternyata… acara kita ini diliput Sdr. Dede dan kemudian dimuat di tabloid Gloria. Tanpa berpanjang-panjang ria, ini dia hasil tulisan Sdr. Dede:

 

VALENTINE DAY CERIA

 

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

 

14 Februari, seluruh dunia pasti tahu itu hari apa?” Ya, tepat sekali itu hari Valentine Day atau Hari Kasih Sayang. Sebanyak 45 orang anggota Komisi Pemuda dan Dewasa Muda Gereja Kristen Kalam Kudus (GKKK) Jogjakarta tampak antusias mengikuti persekutuan Gabungan dalam suasana Valentine Day bertempat di ruang Kebaktian GKKK. GKKK merupakan satu-satunya Gereja Berbahasa Mandarin di kota Jogjakarta.

 

Acara ini diadakan pada tanggal 16 Februari hari Sabtu pkl. 17.30 WIB-21.00 WIB. Pengurus Komisi sengaja mengadakan persekutuan Gabungan antara Pemuda dan Dewasa Muda untuk saling mengakrabkan diri dan menjalin persekutuan yang hangat. Diawali dengan puji-pujian, tampak ceria semua jemaat yang hadir dengan bentuk acara Lesehan memakai Tikar di lantai. Ev. Roni dalam khotbahnya menjelaskan tentang tema Orang Samaria yang baik hati dari Lukas 10:25-37 dengan penuh semangat dan mampu membuat jemaat fokus mendengar firman dan ilustrasi-ilustrasi yang disampaikan.

 

Ev. Roni Sofyan mengingatkan untuk tidak tenggelam dalam Komersialisasi Kasih Sayang namun sungguh-sungguh menyatakan rasa Kasih Sayang lewat perhatian dan Kasih yang Nyata layaknya Orang Samaria yang mau berkorban banyak untuk mengasihi dan menolong “Si Korban” yang pada waktu itu antara Orang Samaria dan Israel sangat bermusuhan dan tidak mau saling menyapa. Orang Samaria bagi orang Israel adalah keturunan yang tidak murni karena menikah dengan bangsa lain di luar ke-12 suku bangsa Israel. Inilah penyebab mereka tidak mau tegur sapa dan menjadi bermusuhan. Tuhan Yesus ketika menjawab pertanyaan seorang ahli Taurat yang mencobai Dia tentang bagaimana memperoleh hidup kekal, sebenarnya ingin menekankan bahwa Hidup Kekal bukan dicapai oleh usaha manusia. Yesus mengkontraskan antara kehidupan Imam dan seorang Lewi dengan kehidupan manusia sampah yang tidak dinggap yaitu Orang Samaria. Namun lihatlah BELAS KASIHAN itu membuat Orang Samaria tergerak hatinya untuk menolong. Demikian juga Allah saja yang karena BEGITU MENGASIHI manusia berdosa yang adalah SAMPAH dan Hopeless hidupnya, namun Allah memberikan anugerah Keselamatan. Semua karena KASIH.

 

Memasuki acara permainan atau Games, peserta lebih antusias lagi dalam mengikuti KUIS LOVILIA yang terdiri dari banyak pertanyaan bervariasi mulai dari Tebak Gambar, Mendengar Lagu dan menebak Judul Lagu, Gambar Peta Alkitab, Pertanyaan Alkitab, Test Intelegensia, dan Menyusun Kata. Juga diceritakan tentang sekilas Sejarah Valentine oleh MC permainan/Kuis. Sebegitu variasinya berbagai pertanyaan Kuis tentu tidak lepas dari Begitu Kreatifnya MC Permainan oleh Sdr. Fong2 dan Alex. Ada yang berbeda lho di Kuis ini!? Kuis LOVILIA ini menggunakan Program Komputer yang dibuat sendiri oleh Tim serta Multimedia LCD dan 2 perangkat LAPTOP serta Headset tuk mendengar dan memutar Lagu serta Pertanyaan di Layar LCD.

 

Para peserta dan termasuk pengkhotbah, yaitu Ev. Roni larut dalam suasana ceria Valentine dan menariknya Games yang disajikan. Seusai Persekutuan diadakan Acara Ramah Tamah Santap Bersama dan ngobrol diantara peserta yang hadir. Bulan Februari bagi Komisi Pemuda GKKK adalah bulan Relationship dimana telah dibahas bagaimana Menjalin Hubungan yang Tulus dengan Allah, Tema Seks, Kebohongan dan Pelarian serta tanggal 23 Februari dibahas tema “Jatuh Cinta Tanpa Kehilangan Akal Sehat”. Valentine hendaknya tidak hanya dibatasi dengan “ritual” atau kebiasaan memberi hadiah kepada Pacar atau orang yang disukai, namun lebih luas dari itu. Valentine Day hendaknya dimaknai dengan lebih sungguh-sungguh dalam Mengasihi Allah dan Sesama dalam tindakan nyata lewat hidup keseharian kita sebagai Orang Percaya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: